Senin, 09 Januari 2012

Delyana : Suka Selam Lantaran Nggak Ribet

Delyana adalah salah satu andalan pengda DKI Jakarta di PON Kalimantan Timur. Prestasinya di selam tidak terlalu buruk, lantaran umurnya masih relatif muda, baru lulus SMA, maka kesempatan untuk berprestasi lebih terbuka. Apalagi persaingan di cabang selam tidak terlalu tajam, seperti renang misalnya. Itulah sebabnya Del, demikian panggilannya, hijrah dari renang ke selam sejak Juli 2005.
“Ceritanya, waktu itu aku lagi liat berenang di kolam Simprug, terus di tawarin oleh pelatih selam, Pak Pardi dan Ketua Harian PB POSSI, Pak Merari, ikutan renang 2000 meter dan 3000 meter di Pulau Pramuka. January 2006 baru aku resmi jadi atlet selam dan ikut lomba di nomor kolam.”
Akhirnya ia memang suka selam. Alasannya, cabang akuatik ini agak ribet. Beda di renang yang pernah diikutinya sebelum bergabung di selam adalah atlet renang tapi tidak terlalu bisa menonjol berprestasi. Selain itu terlalu banyak saingan dan juga Del tidak bisa mengatur waktu buat latihan di pagi hari, jadi tidak bisa maksimal.
Dengan dukungan orangtuanya, putri kesayangan Ir. Humam dan Efi Amalijah Soedjono ini berharapa akan terus berpretasi semampunya, meski dalam keluarganya Cuma dia yang terjun di olahraga ini.
Enaknya di selam, menurut Delyana adalah bisa membagi waktu dengan sekolah. Di selam ini tidak terlalu sulit, karena tidak ada latihan pagi kecuali kalau ada lomba besar. Biasanya latihan sore mulai pukul lima, jadi bisa langsung latihan setelah pulang sekolah.
Waktunya yang habis antara sekolah dan latihan membuat waktunya terbatas untuk bermain dengan teman-teman diluar sekolah. Tapi kalo ada lomba besar mungkin hampir tidak pernah bermain, karena semua atlet masuk asrama.
Kalau latihan tiap hari apa nggak jenuh ? “Jenuh pasti ada,tapi ini memang sudah pilihan saya jadi harus terus di jalanin,” ujar Del yang lahir di Jakarta 8 Februari 1990. Del mengatasi rasa jenuh dengan jalan-jalan, nonton, dengerin musik, atau minta main sama pelatih.
Delyana mengakui bahwa cabang selam kurang populer di masyarakat. Kenapa ? “Ya memang kurang ngetop. Mungkin karena agak ribet kali ya, mesti make alat yang harganya mahal dan juga nggak ada dijual di Indonesia. Selain itu cabang ini kurang populer mungkin lantaran kurang publkasi kali ya,” ujarnya.
Meski demikian apa yang menariknya dari olahraga ini kalau menurut Del adalah karena agak ribet aja.
Delyana meski baru bergelut dalam olahraga ini tapi sudah memiliki kesan sendiri atas daerah yang pernah dia kunjungi. Makasar dan Surabaya misalnya, menurut Del makananya enak-enak. Kalau Kalimantan dia suka karena banyak pelangi. Dan Bali adalah pertama kali dia surfing. Pulau Pramuka sendiri yang selain deket lautnya, juga indah menurutnya. “Ternyata surfing itu enak banget.”
Delyana yang bercita-cita ingin menjadi psikolog berharap akan terus aktif di selam semampunya. Kalau nanti suatu saat kamu nggak masuk lagi dalam tim pelatda. Apa rencanamu ? “Inya Allah masuk terus. Kalo nggak ya aku berhenti, mungkin aku udah nggak sanggup lagi.”
Mana yang kamu pilih, masuk ke dalam lautan atau menguras kolam ? “ya masuk ke dalam lautlah. Tapi kalau lautnya kaya Ancol, mending nguras kolam kali ya…hehehehe”.


BIODATA

Data Diri :
Nama  lengkap                   : Delyana
Tempat, tgl lahir                : Jakarta,8 feb 1990
Alamat rumah (telp)            : Caman Raya Utara No.30
Email                                : delydalydul@hotmail.com

Keluarga:
1.       Nama ayah / ibu : ir.humam dan efi amalijah soedjono
2.       Kakak : Anwar Sani,23 th.

Pendidikan: SMA

Prestasi :
1.        2005. Kejurda, Pulau Pramuka,1 emas 2 perak
2.    2006. Kejurda Antar Klub Jakarta, 2 emas 1 perak
3.    2006. Kejurda Antar Klub se-Indonesia,  Surabaya, 1 perak 1 perunggu
4     2007. Seleksi Nasional PON XVII Kaltim, Jakarta, 1 emas 1 perak 1 perunggu
5.    2007. Seleksi Nasional Kejuaraan Asia, 1 perunggu

Lain-lain:
1.       Hobby: baca majalah,denger lagu, dan jalan-jalan
2.       Klub sekarang: Kuda laut,Jakarta team
3.       Atlet favorit pria/wanita: Chris John, Yayuk Basuki
4.       Artis fav pria/wanita: Maria Renata
5.       Tokoh fav pria/wanita: Tidak ada
6.       Makanan fav: Ayam goreng , Bakso..
7.       Tempat liburan fav: Pokoknya yg ada lautnya,,,,
8.       Kegiatan lain selain latihan dan sekolah/kerja: tidak ada paling istirahat…………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar