Rabu, 11 Januari 2012

Pantai Indah Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan primadona wisata Jawa Barat. Letaknya di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran,  sekitar 92 km selatan kota Ciamis, Jawa Barat. Pangandaran, juga adalah salah satu dari sepuluh objek wisata terpopuler pilihan masyarakat, menurut angket yang dilaksanakan oleh Media Group.
Pantai Pangandaran memang memiliki keistimewaan dimana salah satunya adalah anda dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama. Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman.
Meskipun pantainya aman karena ombaknya yang tidak berbahaya, tapi tim penyelamat wisata pantai tetap siaga mengamati setiap pengunjung yang sedang bermain di pantai. Petugas pantai tak segan memberi peringatan bila ada ancaman atau pengunjung berada pada sisi berbahaya.
Disamping hamparan pasirnya yang putih. Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai. Terdapat pula taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
Dengan adanya faktok-faktor penunjang tadi, maka wisatawan yang datang di Pangandaran dapat melakukan kegiatan yang beraneka ragam, selain berenang, anda dapat berperahu pesiar, memancing, keliling dengan sepeda, para sailing, jet ski dan lain-lain.
Adapula upacara tradisional Hajat Laut yakni upacara yang dilakukan nelayan Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.
Event   pariwisata bertaraf internasional yang rutin dilaksanakan adalah Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juli dan Agustus.
Paska Tsunami 17 Juli 2006 yang telah memporak porandakan bangunan sepanjang pesisir pantai, kini sudah mulai normal kembali. Kehidupan masyarakat mulai pulih seperti semula. Pantai Pangandaran masih menyisakan panorarama alam yang mengesankan bagi pengunjung.
Di daerah barat pantai sejumlah penginapan tersedia dalam berbagai kelas dan tarif. Sejumlah restoran atau rumah makan rakyat mudah ditemui dan siap menyediakan makanan laut, suasana tetap ramai dikunjungi pada sidang dan malam hari. Anda bebas memilih ikan atau binatang laut yang tersedia untuk dimasak.
Selain itu, sepanjang pantai sudah banyak berbaris kios penjual cenderamata dan pakaian. Ada juga Bank pemerintah dan mini market. Jadi jangan takut dan khawatir akan kebutuhan sehari-hari, semua sudah tersedia di sini.

Sarana yang tersedia:
1. Lapang parkir yang cukup luas,
2. Hotel, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif  bervariasi,
3. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer,
4. Gedung bioskop, diskotik
5. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata,
6. Bumi perkemahan,
7. Sepeda dan ban renang sewaan,
8. Parasailing dan jetski.

Tidak jauh dari objek wisata pantai Pangandaran ini, sebetulnya masih ada beberapa objek wisata pantai lain yang cukup menarik bagi wisatawan. Antara lain Pantai Batukaras, Pantai Batu Hiu, Gua Donan, Green Canyon atau Cukang Taneuh, Cagar Alam Pananjung, Pemandian Alam Citumang, Pantai Karang Nini, Pantai Lembah Putri, Pantai Keusik Luhur, dan Pantai Karang Tirta.  

Objek wisata Pantai Batu Karas ternyata banyak juga diminati wisatawan asing. Di sana  terdapat beberapa pondok wisata dan hotel. Demikian pula Camping Ground yang cukup luas diminati banyak para pelajar dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu, dengan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat. Pantainya landai membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan selain berenang antara lain berperahu di bengawan, berkemah, berselancar, serta merenungi dan menikmati keindahan alam yang tenang menentramkan.  

Jalan menuju Pangandaran
Bus-bus dari luar Pangandaran berhenti di terminal luar kota, sebelum menuju pantai. Kendaraan umum tersedia hingga malam menuju pantai. Pantai Pangandaran bisa ditempuh dari berbagai daerah Jawa Barat, apabila dari Tasik ke Pangandaran ditempuh sekitar dua jam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar