Minggu, 29 Januari 2012

Sebelum Diving, Perhatikan Delapan Hal Ini

SALAH satu kegiatan wisata yang sedang diminati adalah diving atau menyelam. Sambil melihat terumbu karang atau ikan-ikan tropis yang berenan-renang di lautan.
Namun, banyak yang harus diperhatikan sebelum mulai menyelam. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutipMademan, Senin (30/1/2012):

Kenali area
Sebelum menyelam, kenali lebih dulu area sekitar penyelaman. Tanya dengan pemandu atau penduduk lokal, tempat mana yang aman dan berbahaya. Ketahui kedalaman tempat yang akan Anda selami dan temperatur udara dan air.

Cek keadaan cuaca
Biasanya, lebih baik menyelam di saat musim panas dan tidak ada badai tropis atau hujan. Karena arus laut akan lebih bersahabat dan tidak membahayakan.

Kenali area penyelaman terbaik
Saat tiba di lokasi penyelaman, jangan buru-buru langsung terjun ke dalam air. Cari tahu, tempat mana yang terbaik, yang memiliki terumbu karang terindah atau dimana Anda bisa melihat ikan-ikan tropis yang cantik.

Hindari menyelam sendirian
Kecuali Anda adalah penyelam profesional, sebaiknya hindari menyelam tanpa teman atau pemandu. Mereka dapat membantu Anda jika terjadi kejadian tak terduga saat berada di dalam air.

Cek ulang peralatan selam
Jauh sebelum Anda mulai menyelam, pastikan semua peralatan selam berfungsi dengan baik. Lihat kondisi tabung oksigen, masker selam, apakah memiliki retak atau tidak. kerusakan kecil dapat berakibat fatal.

Cari pemandu bereputasi
Pilih pemandu yang sudah memiliki pengalaman menyelam di tempat yang akan Anda tuju. Anda bisa meminta rekomendasi dari penduduk lokal. Dengan pemandu yang baik, keselamatan Anda di dalam laut pun pasti terjamin.

Bawa obat-obatan pertolongan pertama
Saat menyelam, sangat mungkin Anda akan tersengat hewan laut atau mungkin terluka karena terkena pecahan karang. karena itu jangan lupakan obat-obatan pertolongan pertama seperti cuka untuk sengatan ubur-ubur, dan pembalut luka.

Tunda bila kondisi udara buruk
Bila kondisi udara buruk, segera tunda kegiatan menyelam Anda. Bila dilanjutkan, Anda dapat beresiko tenggelam atau hilang di tengah lautan karena terbawa gelombang laut.
(ftr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar