Rabu, 11 Januari 2012

WISATA DI JAKARTA

TMII
Taman Mini Indonesia indah (TMII) dimulai pembangunan proyek mahal senilai US$26 juta ini. TMII resmi dibuka pada tahun 1975.

Taman seluas 100 hektar ini memiliki koleksi rumah adat yang mewakili hampir seluruh provinsi di Indonesia. Setiap rumah adat memamerkan kerajinan tangan, pakaian daerah dan barang-barang lainnya yang mewakili kebudayaan daerah masing-masing.

Di tengah taman terdapat sebuah danau besar dimana pengunjung dapat mendayung sepeda air mengelilingi pulau-pulau buatan yang menggambarkan peta Indonesia. Pengunjung juga dapat mengelilingi taman dengan menggunakan kereta gantung (skylift) atau kereta monorel.

Selain itu kawasan taman ini juga dilengkapi dengan berbagai museum, Teater Imax Keong Mas, restauran, kebun anggrek dan taman burung yang berada di dalam kurungan yang sangat besar. Di taman ini juga terdapat miniatur Candi Borobudur serta tempat-tempat ibadah dari berbagai agama..

Taman Impian Jaya Ancol
Berada di pinggir Teluk Jakarta, antara Sunda Kelapa di Barat dan Tanjung Priok di Timur, obyek wisata Taman Impian Jaya Ancol adalah tempat rekreasi paling terkenal di Jakarta. Taman rekreasi yang luas ini memiliki berbagai sarana permainan, olahraga, kesenian dan hiburan malam yang beroperasi nyaris tanpa berhenti.

Disini terdapat fasilitas antara lain hotel, klub malam, teater dan berbagai macam sarana olahraga lainnya. Ancol memenuhi kebutuhan setiap orang untuk bersenang-senang mulai dari anak-anak hingga dewasa, siang ataupun malam hari.

Dibangun pada tahun 1962 diatas tanah reklamasi, Ancol telah menjadi pusat rekreasi bagi keluarga yang datang tidak saja dari Jakarta tapi juga dari seluruh Indonesia untuk menikmati berbagai atraksi yang tersedia dan salah satu atraksi yang paling populer, khususnya di kalangan anak-anak, adalah Dunia Fantasi Dunia FDunia FDunia FDunia FDunia Fantasiantasiantasiantasiantasi.

Dunia Fantasi (Dufan) dibangun mirip sekali dengan obyek wisata Disneyland di Amerika, mulai dari pintu masuk hingga ke Istana Bonekanya. Dunia Fantasi dibangun dengan sangat baik, tempat ini menjadi semacam dunia yang dibuat dalam bentuk miniatur. Disini terdapat berbagai alat permainan mulai dari yang santai hingga yang menegangkan dan menguji urat syaraf.

Pantai Ancol
Pantai Ancol juga ramai dikunjungi orang walaupun bukan tempat yang terlalu menyenangkan buat berenang. Di pelabuhan Marina Ancol pengunjung dapat menumpang kapal kecil untuk menuju ke Pulau Seribu.

Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang (KB) Ragunan yang terletak di kawasan Pasar Minggu sekitar 10 Km dari pusat kota- memiliki koleksi hewan dari seluruh Indonesia antara lain orang utan dan Komodo. Ragunan masih tetap merupakan kebun binatang terbaik di Indonesia walaupun daya tariknya sudah mulai berkurang dengan kehadiran Taman Safari di Cisarua.

Komplek KB Ragunan memiliki lahan yang luas namun sebagian hewan disini dikurung dalam kandang yang relatif sempit yang membuat hewan gampang menjadi ‘stress.’ Pengunjung Ragunan memerlukan waktu beberapa jam untuk mengelilingi kawasan yang luas ini yang sebagian ditumbuhi tanaman bambu dan tumbuhan hutan hujan tropis.

TEMPAT LAINNYA
Tempat wisata lain yang dapat anda kunjungi di Jakarta adalah Gedung Kesenian Jakarta, sebuah bangunan bergaya neo-Renaisance yang didirikan tahun 1821 sebagai gedung Kesenian atau pada zaman Belanda disebut Schouburg. Hingga sekarang keberadaannya tidak berubah fungsi dan digedung ini banyak dipergelarkan kesenian tradisional, seni kontemporer dan modern dari dalam dan luar negri.

Monumen Pancasila Sakti
Monumen Monumen PMonumen PMonumen PMonumen Pancasila Saktiancasila Saktiancasila Saktiancasila Saktiancasila Sakti berlokasi di Jl. Raya Pondok Gede, daerah
Lubang Buaya yang berdekatan dengan Taman Mini Indonesia Indah. Di tempat ini dahulu pada akhir bulan September 1965 terjadi peristiwa kelam yang dikenal dengan nama Pemberontakan G-30-S PKI. Selain bangunan utama berbentuk monumen dengan patung para Pahlawan Revolusi yang gugur karena kebiadaban kaum komunis, juga terdapat bangunan lainnya berupa cungkup dengan sebuah sumur kecil di dalamnya yang dulu merupakan tempat untuk menyembunyikan jasad para pahlawan revolusi.

Taman Ismail Marzuki
Taman Ismail Marzuki merupakan salah satu tempat pertunjukkan kesenian dan kebudayaan paling penting di Jakarta. Disini berbagai bentuk pertunjukkan diadakan hampir setiap malam mulai dari tari Bali, konser gamelan, pembacaan puisi hingga festival film. Di komplek TIM terdapat Planetarium dimana pengunjung dapat menyaksikan susunan tata surya melalui alat teropong bintang serta disajikan pula informasi dan peragaan mengenai dunia astronomi.

Kepulauan Seribu
Pulau Seribu adalah suatu kepulauan yang berada di laut Jawa terletak bertebaran tidak jauh dari lepas pantai di utara Jakarta dan walaupun namanya ‘seribu’ sebenarnya hanya terdapat sekitar 140 pulau pulau kecil yang terletak di perairan Teluk Jakarta dan merupakan kawasan wisata bahari.

Dari segi pemerintahan Kepulauan Seribu merupakan Kabupaten dan berpusat ibukota kabupaten di Pulau Pramuka. Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulaupulau, dimana terdiri dari perairan 6.997,5 km2 dan daratan 869,61 ha. Terdiri dari 110 pulau dan peruntukan pulau pariwisata 41 pulau, sedangkan Resorts yang telah beroperasi samapai dengan 2005 sebanyak 11 Resorts.

Kepulauan Seribu dibagi 2 kawasan wisata, yaitu Kepulauan Seribu Utara terdapat 9 Resot, lebih kepada wisata exclusive, yang relatif perairan dan bawah lautnya cukup baik. Kepulauan Seribu Selatan ada 2 Resot dan yang lain mengembangkan wisata untuk market menengah ke bawah, yaitu ber[pusat di Pulau Untung Jawa, dimana terdapat kampung nelayan, hutan mangrove, home stay dan rekreasi laut lainnya. Cagar Alam seperti, Pulau Rambut dan Pulau Bokor.

Cagar budaya, Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor.
Pulau-pulau yang telah beroperasi sebagai pulau wisata/resort di bagian Utara adalah Pulau Alam Kotok, Pulau Bira, Pulau Putri, Pulau Sepa, Pulau Matahari, Pulau Pantara, Pulau Pramuka, Pulau Bira dan Pulau Kotok Timur. Sedangkan Pulaupulau Pariwisata di bagian Selatan adalah yang terdekat, yaitu : Pulau Ayer dan Pulau Bidadari.

Untuk mencapai Kepulauan Seribu terutama menuju resort-resort pariwisata, berangkat dari Marina Ancol dengan lama perjalanan ke bagian Utara antara 60-90 menit, tergantung keadaan cuaca. Kapal Trans Jakarta beroperasi dengan jarak tempuh 3 jam sampai pulau paling Utara. Harga transportasi berkisar antara Rp.100.000,00 sampai dengan Rp. 300.000,00 per-orang pp. Transportasi ekonomi (objek laut) beroperasi dari Muara Angke, Kamal dan Dadap dengan tarif relatif murah, namun ditempuh kurang lebih dalam waktu 4 jam.

Daya tarik/atraksi wisata al :
- Wisata Pantai - Budi Daya Rumput Laut - Snorkeling
- Mancing - Budi Daya Ikan - Boatnig
- Diving - Budi Daya Terumbu Karang - Jet Ski

Yang menarik lagi bahwa sebagian besar wilayah Kepulauan Seribu bagian Utara berada di wilayah Taman Nasional Kepulauan Seribu, sehingga secara ecosystem terjamin dan terjaga dengan baik.

Di wilayah Kabupaten administrasi Kepulauan seribu ini masyarakat tengah menggalakkan tanaman produktif budfi daya sukun (Artocarpus Altilis) yang bisa menjadi tanaman obat karena mengandung beberapa zat untuk mengatasi peradangan. Buah sukun ini kemudian diolah juga menjadi kripik serta berbagai panganan dan kue-kue untuk dikonsumsi wisatawan dan menjadi daya tarik serta oleh-oleh khas kepulauan Seribu.

Selain menjadi resort island, kepulauan ini juga dikenal sebagai Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKps), satu cagar alam laut seluas 106.000 ha. Kawasan di sebelah utara DKI Jakarta ini meliputi tiga tiga kelurahan yaitu Kelurahan Pulau Panggang, Pulau Kelapa dan Pulau Harapan dan dibagi menjadi empat zona yaitu zona inti, zona perlindungan, zona pemanfaatan wisata dan zona pemukiman. Sistem zonasi ini mengatur pemanfaatan sumber daya alam di kawasan taman nasional ini.

Diantara sumber daya alam yang ada adalah terumbu karang yang merupakan kesatuan hayati berupa karang, ikan karang, moluska, lamun, alga dan lainnya. Kepulauan Seribu dikenal pula sebagai kawasan untuk menikmati keindahan bawah laut seperti menyelam ataupun snorkeling.

Selain itu TNKps juga daerah penyebaran penyu di pulau Jawa terutama penyu Sisik. Dua puluh tahun lalu sebagian besar pantai berpasir dari 108 pulau merupakan tempat peneluran penyu. Dengan meningkatnya kegiatan manusia kini tinggal beberapa pualau saja yang masih dikunjungi penyu untuk bertelur yaitu Pulau Peteloran Timur, Pulau Peteloran Barat, Pulau Penjaliran Barat dan Pulau Penjaliran Timur.

Kegiatan pelestarian penyu Sisik dilakukan di Pulau Pramuka dengan mengumpulkan telur penyu dari pantai tempat peneluran secara alami di pulau Peteloran. Telur kemudian di bawa ke pulau Pramuka untuk ditaruh di tempat penetasan semi alami dengan cara ditanam sedalam 40-50 cm. Telur akan menetas setelah 40-60 hari.

Pelestarian penyu Sisik ini menjadikan Kepulauan Seribu sebagai tujuan wisata pendidikan dan konservasi laut. Berbagai program penyelamatan satwa langka melalui kegiatan translokasi satwa burung elang dan Muncak serta budi daya ikan kerapu, karang hias dan budi daya kelautan lainnya di kembangkan di kepulauan ini.

Untuk mencapai Pulau Seribu pengunjung dapat menggunakan kapal kecil dari Marina Ancol dengan tarif bervariasi tergantung pulau yang hendak dituju, diperlukan waktu dua setengah jam untuk mencapai pulau yang paling jauh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar