Rabu, 11 Januari 2012

Menyusuri Panorama Pulau Weh yang Mempesona.


Pulau Weh adalah pulau dengan kekayaan bawah lautnya yang mengagumkan. Dimana sebuah dunia baru bawah laut yang menawarkan keindahan dan lokasi menyelam berkelas dunia.
Selain itu, Pulau Weh juga menawarkan pemandangan yang indah, kawasan bersejarah dengan suasana pedesaan yang unik dan keindahan dengan kilauan cahaya matahari terbit dan terbenam serta dihuni olah penduduk yang ramah.
Menjelajah pulau Weh adalah petualangan yang sangguh melambungkan imajinasi anda untuk kembali pada sebuah masa keindahan alami. Pulau Weh yang disebut dengan nama Sabang oleh penduduknya, dikelilingi pantai yang indah dan lokasi menyelam yang mempesona.
Tiga lokasi untuk menyelam yang merupakan Taman Laut Nasional berada, terletak di Gapang, Iboih, dan pulau Rubiah.

Gapang
Gapang adalah pantai yang tenang dan memiliki banyak karang untuk snorkeling dan menyelam. Disini juga tempat yang baik untuk melihat penyu. Gapang menawarkan beragam fasilitas seperti hotel, cottege, kafe, restoran, dan pusat untuk menyelam. Gapang lokasi yang paling populer bagi banyak wisatawan.

Iboih
Lokasi dikenal sebagai tempat menyelam dan snorkeling yang luar biasa karena warna warni dan keindahan terumbu karangnya. Terkadang anda melihat hawknill seekor penyu langka di Iboih. Disini terdapat aneka ragam fasilitas yang cccok untuk penyelam dan backpacker, termasuk kafe outdoor dan bungalow.

Pulau Rubiah
Pulau Rubiah adalah harta terpendam bagi snorkeling dan penyelam karena keelokan terumbu karangnya. Taman lautnya benar-benar surga bagi pencinta terumbu karang. Selain itu, pulau ini memiliki sejarah yang menarik lantaran sebelumnya pernah digunakan sebagai tempat karantina jemaah haji Indonesia. Untuk berkunjung ke Pulau Rubiah, anda dapat menyewa kapal dari Ibioh.

Pulau Weh memiliki spesies ikan yang langka seperti paus hiu, ikan pari, penyu, dan lumba-lumba. Keindahan terumbu karang lautnya, menjanjikan pengalaman snorkeling yang mengesankan.
Selain pantai, banyak lokasi menarik lainnya seperti air terjun, gunung berapi, mata air panas, juga monumen Kilometer Nol, benteng Perlindungan Jepang pada Perang Dunia Kedua, makam bersejarah, Durian Keramat, dan panorama kota Sabang sendiri.
Belanja di kota sabang adalah pengalaman yang menarik. Pusat belanja terletak di pasar tradisional. Di sini anda dapat membeli buah segar dan makanan tradisional seperti dodol, keripik, kue, dan roti Sabang. Anda juga dapat membeli cendera mata yang terbuat dari batang dan tempurung kelapa.
Tersedia akomodasi mulai hotel, losmen, dan bungalow yang menarik di pinggir pantai dengan beragam harga dan fasilitas.


Cara Menuju Pulau Weh
Pulau Weh dapat dicapai melalui Banda Aceh dengan kapal feri penumpang dengan jadwal dua kali perjalanan dan feri barang satu kali perjalanan dalam sehari.

Lokasi wisata pulau Weh
Beberapa lokasi wisata yang dapat anda kunjungi di pulau Weh, antara lain adalah:
Puncak teluk sabang.
Dari terminal feri Balohan, Sabang, anda akan mendapat pemandangan teluk Sabang yang indah, danau Aneuk Laut dan beberapa lepas pantai kepulauan termasuk Rubiah, sebuah desa terletak di bawah bukit dan sebuah kapal nelayan bergerak seperti titik ke garis laut menambah keindahan.

Air Terjun
Sungai Pria Laut berhulu dari Gunung Sarung Keris. Di tengah hutan, tak jauh dari desa Pria Laut, sungai berubah menjadi air terjun bertingkat yang menakjubkan. Disini kita bisa berenang di bawah air terjun, atau sekedar menikmati suasana hutan lindung dengan kupu-kupu yang berterbangan di sekelilingnya. Air terjun ini terletak 1,7 km dari jembatan Pria Laut.

Monkey Road
Monyet di pulau Weh menyapa kedatangan wisatawan di perjalanan menuju Monumen Kilometer Nol. Berikan mereka pisang dan jadilah sahabat mereka selamanya.

Gunung Merapi
Gunung Merapi di Sabang sangat kecil namun masih layak untuk dikunjungi. Pergilah ke Jaboi dan belok ke kiri setelah melewati desa, lalu ikuti jalan tersebut hingga tidak bisa naik lebih tinggi lagi. Anda perlu jalan kaki sepanjang 200 meter di jalan setapak yang mengarah ke kanan. Ikuti saja asap belerang dari gunung merapi tersebut.

Monumen Km.Nol dan Km. Tujuh
Monumen  kilometer Nol terletak di desa Iboih Ujung Ba’u , 29 kilometer di sebelah barat kota Sabang dan sekitar 5 kilometer dari Iboih. Monumen ini dibangun di titik “nol” di mana Indonesia dimulai dari barat ke arah timur. Monumen ini dibangun di ujung tebing setinggi 22,5 meter yang menghadap Samudera Hindia. Dalam bahasa Indonesia Monumen ini disebut Kilometer Nol yang memiliki simbol burung Garuda.

Para pengunjung bisa mendapat sertifikat dari agen perjalanan resmi di Sabang sebagai bukti kunjungan mereka pada lokasi geografis yang unik ini.

Monumen Kilometer Tujuh terletak sekitar tujuh kilometer dari Monumen Kilometer Nol. Hal yang menarik adalah fakta bahwa monumen ini dulunya merupakan titik Monumen Kilometer Nol, tapi dipindahkan lokasinya ke lokasinya sekarang, berdasarkan hasil survey geografis yang lebih baik dari sebelumnya.

Kota Atas dan Kota Bawah
Kota Atas adalah bagian atas kota Sabang, memiliki pemandangan teluk yang indah yang terbentang menuju Pantai Kasih. Bagian kota ini mudah dikenali dari banyaknya gedung kolonial di mana orang-orang Belanda dimana dulu pernah hidup mewah. Terdapat pula banyak pohon besar dan rindang yang diimpor dari Amerika Selatan dan ditanam pada awal abad 20.

Kota Bawah. Bagian Kota Bawah Sabang terbagi dalam tiga wilayah  yakni pondok nelayan tradisional di sepanjang pantai selatan pelabuhan. Kedua, jalan utama Pasiran dengan banyak toko, restoran, warung kopi, dan pemukiman Pecinan. Ketiga, kongsi yakni wilayah pemukiman yang padat dan menarik perhatian sebelah selatan utara pelabuhan.

Banyak pemandangan laut yang indah di pulau Weh yang menawarkan keindahan matahari terbity dan terbenam dari banyak sudut sekeliling pulau atau bahkan dari suasana yang hangat dan romantis dari sudut bungalow.

Mata Air Panas
Di Keunekai, dekat Pantai Pasir Putih terdapat sebuah kolam kecil yang dialiri sumber air panas yang memungkinkan anda berendam dengan nyaman dan santai. Mata air panas terlihat dari jalan saat anda datang dari Keunekai dan anda perlu belok ke kiri untuk menujui lokasi. Jalan di sebelah kanan akan membawa kita ke Pasir putih dan Bango.

Belanja
Pasar Tradisional. Pasar yang besar dan ramai di Sabang adalah atraksi yang menarik. Pada dini hari penduduk desa sekitar Sabang membawa dagangannya ke pasar. Kta bisa membeli apa saja, mulai sayuran, buah-buahan, ikan dan sebagainya. Kebanyakan bahan makanan dihasilkan secara organik dan diproduksi secara lokal.

Pasar buka mulai pukul enam hingga pukul dua siang. Toko-toko buka jam delapan sampai 12 siang. Dan dari pukul lima sampai sembilan malam.

Kerajinan tangan
Kerajinan dari bahan batang kelapa yang banyak tumbuh di pula Sabang. Karena teksturnya yang indah sehingga banyak dibuat untuk perabot dan perkakas rumah seperti lampu, mangkok, cangkir, vas, dan lainnya.

Makanan
Kue khas Sabang yang dibuat dari tepung gandum dan selai kacang hijau adalah oleh-oleh yang populer di bawa pulang ke rumah. Selain pakpia, Sabang juga terkenal akan kue dodolnya yang terbuat dari ketan, santan, gula palem, dan kripik yang terbuat dari buah-buahan atau sayuran. Makanan kezat ini dijual sebagai oleh-oleh.

Makanan dan minuman
Makanan tradisonal dengan bahan baku lokal. Untuk sarapan pagi, ada lontong sayur yang dimakan dengan sayuran dan santan kelapa, tambahan telur atau daging.

Makan siang, ada gulai kambing atau mie jalak. Makan malam ada hidangan khas sate gurita. Ikan dan makanan laut tersedia baik untuk makan siang dan malam.

Kopi Aceh yang tumbuh di pegunungan provinsi Aceh, adalah kopi yang paling nikmat. Penduduk minum kopi pada setiap hidangan makan, seperti minum teh, jus, mangga, alpukat, dan wortel.
Makanan dan minuman internasional juga dihidangkan di restoran hotel untuk wisatawan yang rindu kampung halamannya.

Akomodasi
Pulau Weh memiliki banyak penginapan dengan harga bervariasi mulai hotel, resort, guest house, bungalow, dan cotteges.

Transportasi
Kendaraan tidak terlalu sulit ditemukan di pulau Weh. Disana ada taksi atau mini bus. Taksi disewa perjam atau perhari dengan harga nego. Mini bus adalah angkutan kota yang melewati rute tertentu, dapat disewa. Perahu untuk memancing dan becak.

Akses menuju Pulau Weh.
Dari Medan ke Banda Aceh, memakan waktu 47 menit.
Dari Banda Aceh ke Pelabuhan Ulee Lheu dengan taksi, bis, mobil, sewaan atau shuttle kota, 30 menit.
Dari pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan Sabang dengen feri, 1 jam.
Dari Pelabuhan Balohan Sabang ke berbagai lokasi dengan mini bus atau mobil sewaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar